save your earth and go green with Daihatsu!



sekarang ini banyak sekali kejadian alam yang dapat merusak lingkungan, seperti kejadian yang di lakukan oleh aktivitas manusia atau bahkan aktivitas dari alam itu sendiri. Sehingga, membuat kekayaan alam kita semakin berkurang keindahannya akibat kejadian tersebut.

Setiap orang ingin sekali jika diadakan pengHijauan. Namun masih banyak manusia yang kurang sadarnya akan lingkungan. Setiap kali saya melintasi jalanan di wilayah ibukota ataupun di wilayah yang tempatnya tergolong panas dan padat pemukiman, merasakan polusi udara dari pengaruh teknologi yang ada pada saat ini, seperti polusi asap jalanan, polusi pabrik, serta pembuangan limbah tidak pada tempatnya. Hal ini membuat inovasi baru untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan.
          Sekarang kita simak apa pengerian tekonologi ramah lingkungan atau biasa di sebut teknologi Hijau ?
teknologi Hijau adalah terobosan baru unruk menciptakan teknologi baru yang ramah lingkungan dan tidak membuang emisi gas yang dapat merusak alam. Sekarang ini para ilmuwan menciptakan terobosan tentang teknologi Hijau, seperti baterai ramah lingkungan, penjernih minyak dengan menggunakan buah leunca dan lain sebagainya.

Beberapa tujuan utama dari penerapan Teknologi Hijau ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Sistem Keberlanjutan :  dengan diterapkannya jenis teknologi yang mutakhir dan serba canggih ini, maka tidak akan mengancam kelestarian lingkungan hidup di masa mendatang bahkan kelestarian alamnya masih dapat kita jaga. sapa yang ingin hidup ini bebas dari polusi ? pasti, semua orang ingin merasakan kehidupan yang bebas polusi.
  • Desain daur ulang (recycle, reduce, dan re-use) : produk yang dihasilkan harus dapat di daur ulang untuk menghasilkan produk sejenis yang berkualitas, bahkan produk daur ulang tersebut dapat bertahan lama, jadi dapat mengurangi limbah yang ada di bumi ini. dengan proses daur ulang, jadi bebas dari global warming bukan ?
  • Konservasi sumber daya:  mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi dari manusia itu sendiri. kebanyakan, manusia memiliki pola yang konsumtif, dimana manusia kurang sadar terhadap alamnya sendiri. Jadi, kita perlu meninjau ulang alam yang belum kita lestarikan!
  • Innovasi: pengembangan alternatif untuk teknologi  , contohnya, apakah fosil bahan bakar atau bahan kimia pertanian intensif  yang telah terbukti merusak kesehatan dan lingkungan, para ilmuwan berusaha membuat terobosan membuat bahan bakar dari fosil dan tumbuhan lainnya. sekarang ini banyak contoh di sekitar kita ada bio diesel, bio gas, dan listrik dari limbah yang telah tidak terpakai.
  • Viabilitas yaitu menciptakan pusat kegiatan ekonomi di sekitar teknologi dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan, mempercepat pelaksanaan dan menciptakan inovasi baru yang benar-benar melindungi planet bumi. Jadi, sudahkah anda siap dengan gerakan  teknologi hijau ini?


Sebagaimana kita tahu bahwa setiap tahun selalu diadakan suatu konferensi lingkungan yang membahas mengenai emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan bermotor. Di dalam emisi gas yang terbuang terdapat macam zat senyawa yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, juga ekosistem alam kita. Senyawa yang terkandung adalah senya gas CO atau yang biasa disebut gas Karbonmonoksida. para ahli berusaha menciptakan kendaraan yang bebas polusi dan ramah lingkungan. Sistem ini telah diterapkan yaitu Teknologi Hijau pada Daihatsu.Hal ini merupakan bentuk partisipasi Daihatsu dalam menjaga kelestarian alam sekitar dan mengurangi emisi gas buang.sehingga, dapat mengurangi polusi, kemacetan serta meningkatkan kelestarian alam.

Pengenalan Teknologi Hijau Pada Daihatsu

Kelestarian lingkungan ini, sangat penting untuk menjaga kelestarian alam ini, terutama oleh pihak Daihatsu sekarang in. Oleh karena itu, maka Daihatsu secara terus-menerus melakukan pengembangan, terobosan, dan inovasi baru untuk menciptakan teknologi Hijau pada produk Daihatsu ini

Melalui tahapan siklus pembelian material (Purchasing of materials), serta proses produksi (Production), pengoperasionalan (Driving), perawatan (Maintenance) dan proses daur-ulang (scrapping) maka Daihatsu nemukan inovasi Mobil terbarunya, yaitu Mobil kompak (compact car) .
Mobil kompak produksi Daihatsu mengaplikasikan 3 (tiga) tahap teknologi yang tidak kalah canggihnya dengan Mobil lainnya, dan mesin yang ramah lingkungan, yaitu:



  • Tahap 1 Pengaplikasian teknologi Eco-Idle: dengan teknologi Eco-Idle ini maka harapan untuk mencapai efisiensi penggunaan bahan bakar akan terwujud karena secara otomatis mesin akan diatur sedemikian rupa sehingga dalam keadaan tidak beroperasi atau dalam kondisi jalanan yang macet.  Jadi bahan bakar dalam Mobil tersebut tidak akan boros  seperti Mobil yang lainnya. Selain itu, pada tahap ini juga menggunakan sistem i-EGR yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna, dan meminimumkan keluaran gas CO2.

Kemajuan berdasarkan langkah kecil yang telah di terapkan oleh Daihatsu.



:
Kemajuan yang udah dilakukan banyak banget keuntungannya buat kita:
Adanya perbaikan ke power train
1.       Peningkatan efisiensi pembakaran, karena rasio mesin naik 10,5-11,3%
2.       I-EGR system menggabungkan system EGR konvesional dengan pembakaran pertama dengan system dunia control ion saat ini.
3.       Adanya bahan bakar semprot yang dikabutkan melalui injector agar pembakaran lebih mudah dan tidak cepat aus.
4.       Peningkatan daya transmisi CVT efisiensi dan mengurangi beban pada mesin karena rasio gigi optimal.
      Evolusi kendaraan : bisa dilihat secara substansi , akan mengurangi berat badan hingga 60 kilogram, sehingga berat kendaraan tidak kurang dari 730 kilogram,mengurangi bobot bagian interior melalui langkah-langkah seperti mengunakan plastic tipis, berubah layout dan kemasan,mengurangi berat CVT, yang paling penting meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 3% melalui udara dan rolling resistance.
Managemen energy : meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 10% dengan menggunakan system IDLE , lingkungan baru akan mematikan mesin kendaraan sat posisi kendaran melambat bahkan mati sekalipun, sebagai pendingin udara panas seperti layaknya AC pada umumnya. Mobil ini mampu menghabiskan bahan bakar 30km per liter, hebat bukan ?


Kemungkinan Mobil kompak untuk menciptakan Mobil utama
Mengurangi dalam rangka meningkatkan, artinya pembakaran dalam silinder besar 2 silinder, direct injection mesin turbo changed, Mobil yang di dukung dengan 3 silinder mesin, dengan mengurangi 1 silinder, maka mesin akan terbakar secara efektif dan meningkatkan efisien secara permanen , jadi Daihatsu berkomitmen dalam meningkatkan inovasi baru dalam teknologi mesin.
Listrik merupakan perangkat unik dalam Mobil kompak, sejumlah kecil bahan bakar akan terbakar kuat untuk efisiendi bahan bakar, teknologi pengapian aktif , menggunakan listrik frekuensi tinggi untuk meningkatkan ukuran dari percikan, juga memastika bahwa campuran bahan bakar/ udara seluruhnya terbakar. Baterai capasitor mega storage hapir seperti panic ajaib yang bias menyimpan kapasitas listrik sehingga dapat digunakan lebih efisien hal ini memungkinkan Mobil secara efektif memanfatkan energi yang sebelumnya pergi ke limbah.

  • Tahap 3 Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell dimana bahan pembuatan kendaraan menggunakan sumber daya alam yang efisien dan tidak menggunakan logam mulia sehingga harganya terjangkau serta mengurangi emisi CO2.
  • Ada cara baru untuk menyimpan hydrogen dalam Mobil ini, yaitu membayar pada perhatian hidazin hidrat cair, terbuat dari senyawa nitrat dan hydrogen , sebagai bahan bakar generasi berikutnya sejak tahap awal. Hal ini sangat aman karena mudah terbakar dalam suhu normal. Dan memiliki kepadatan energi yang tinggi serta tidak memancarkan CO2. Ini adalah bahan bakar yang ideal dan sesuai untuk Mobil generasi terbaru, cocok digunakan di Jepang yang memiliki sedikit sumber daya
  • Compact cair pakan sel bahan bakar unit “PMfLFC*” 
Generasi ini memiliki unit biaya yang kurang karena tidak mengandung logam mulia hal ini cocok dengan setiap Mobil kompak karena ukurannya yang kecil 

Bagan Teknologi Hijau Daihatsu



Semua tahapan teknologi di atas merupakan bentuk antisipasi Daihatsu dalam menciptakan teknologi baru yang dimaksud dengan kendaraan ramah lingkungan. Menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan dan memberikan skehangatan serta senyunman pada dunia merupakan semangat nyata Daihatsu dalam melakukan inovasi secara terus-menerus terhadap sumber alam dan kelestarian alam , metode dan material yang dimiliki oleh Daihatsu.


ada yang mau memiliki mobil yang ramah lingkungan ini ? pastinya anda sangat ingin menggunakannya bukan *nes


73 comments:

  1. nice post..., semoga menang ya :)

    ReplyDelete
  2. Nice :)
    salam kompetisi juga ;)

    ReplyDelete
  3. wow pembahasannya lengkap, enak dibaca :))

    semoga bisa menang juga, sis. :D

    ReplyDelete
  4. Nice, semoga kita semua menang :D
    http://andre-freelife.blogspot.com/2013/04/hijau-indonesiaku.html

    ReplyDelete
  5. mobilnya ramah lingkungan...tp ramah dikantong gak??
    Pasti gak...hehe...

    Smg menang... :)

    ReplyDelete
  6. wah, canggih juga ya ternyata..

    ReplyDelete
  7. Pencetusnya keren yah, canggih :o
    semoga bisa menang :))))

    ReplyDelete
  8. Sippzz ..

    Kunjungi : http://kacoengsongenep.blogspot.com/2013/04/daihatsu-terapkan-teknologi-hijau-demi.html

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. semangat semangat. tunggu hasilnya bulan depan. hehe

    ReplyDelete
  11. sebuah mobil masa depan yang sayang jika tidak dikembangkan lebih lanjut hahaha

    ReplyDelete
  12. ini dia artikel buat lomba, kalau boleh saran, coba deh perhatikan tanda bacanya, huruf kapital juga, kayaknya ada yg gak kapital setelah titik. sukses ya nen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya rabb :) thks, itu koma sama titik emang keliahatan sama kok :D

      Delete
  13. wew, sukses ya lombanya. moga mennag. kren idenya. :)

    ReplyDelete
  14. bingung nih, mau komen apa :"

    Yaudah, ini lomba kan ? semoga menang aja yaah kak :))
    Maaf, yah komennya absurd..

    Good Luck yah ..

    ReplyDelete
  15. penciptaan teknologi hijau sebenernya udah sejak lama sih, tapi aplikasi nya di indonesia pasti susah banget, soalnya disadari, diakui maupun tidak begitu banyak kepentingan yg terus membuat teknologi hijau tidak bisa berkembang...

    ReplyDelete
  16. Like this siss
    Asyiikk & berisi,,
    suksess ya...
    http://nabianz.blogdetik.com/2013/04/15/teknologi-hijau-3-tahapan-genius-daihatsu-untuk-masa-depan/

    ReplyDelete
  17. hmm kapan ya bisa diterapin masalnya o.o

    nice post n goodluck juga sis :)

    ReplyDelete
  18. semoga masyarakat lebih peduli lagi dengan lingkungan..

    sukses lombanya yaa..

    ReplyDelete
  19. ciee..ikut kompetisi...semoga menang ya...

    ReplyDelete
  20. ini apa..otak saya kurang bisa mengerti..hehehehe..
    semoga menang, aku mendukungmuuuu:D

    ReplyDelete
  21. salam kompetisi :)
    smg sukses yaa

    follow dan kunjungi http://rezgina.blogspot.com :)
    trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin , follow punya saya yang ada di bawaaah ~

      Delete
  22. posting yang bermanfaat, sukses kak :)

    ReplyDelete
  23. artikelnya lengkap, dan informasi yang diberikan banyak

    ReplyDelete
  24. great! sukses yaa, smoga menang :)

    ReplyDelete
  25. wih detail banget penjelasannya,semoga menang ya!

    mampir juga ya http://jerkie-kid.blogspot.com/2013/04/huah-akhirnya-niat-posting-lagi.html

    ReplyDelete
  26. Nice Articel..

    http://www.blog.renggagumilar.com/gak-usah-galau-ada-teknologi-hijau/

    ReplyDelete
  27. mobilnya unik gitu yak. kotak. modelnya gak biasa. tapi keren, futuristik :D

    ReplyDelete
  28. komennya semoga menang semua nih..haruskah saya ikutan bilang gitu?? hahaa

    teknologi semakin maju, dan sbenatr lagi kiamat..

    #ga nyambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus katakan sekali lagi, insya Allah nggak deh kalo ada yang nemuinn

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. wah.. Ikutan lomba Tech Hijau nih..
    semoga menang ya mbak....

    ReplyDelete
  31. wah sayang saya gk bs ikut lomba ini
    karena salah satu adm. socmed daihatsu dari agency :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah gak seru

      Delete
  32. wah aku udah komen di atas toh ternyata , blog ini cuma ganti theme yah ? hehe
    gudlak semoga menang :D

    ReplyDelete
  33. Semangat kak.. semoga berhasil ketikanya :D

    ReplyDelete
  34. Hebat artikelnya... lengkap dan detail banget... Semoga dilirik dewan jurinya nih jadi pemenang... Saya gak jadi ikut lomba ini... Hihihi... Semoga menang yaaaa.... Bravo...

    ReplyDelete
  35. wiiihngikut lomba toh, bagus mbak artikel nya,
    jadi agak gimana gitu kalo ikut :(

    ReplyDelete
  36. Sekarang perusahaan2 besar mulai mengembangkan teknologi yang tidak merusak lingkungan, semoga dengan adanya teknologi hijau manusia akan lebih sadar akan kelestarian lingkungan.

    Semoga menang kontesnya

    ReplyDelete
  37. PASTI MENANG NIH!! PASTIIII!! :O
    DAN PASTI HADIAHNYA DIBAGI SAMA GUE!! iya pasti (-_-)
    cemungud qaqa.... :D

    ReplyDelete
  38. Keren Kunjungin balik ya :-)
    http://adityaaedo.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-untuk-bumi-kita.html

    ReplyDelete
  39. Nice artikel ;P
    "Salam kompetisi"

    Visit too to myblog:
    http://cocoper6-cocoper6.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-ala-daihatsu_25.html

    ReplyDelete
  40. sip, semoga berhasil kawan :)

    ReplyDelete
  41. sukses ya...

    http://topmomy.blogspot.com/2013/04/berkendara-nyaman-dan-seimbang-untuk.html

    ReplyDelete
  42. keren artikelnya
    kunjung balek yah http://aku-iki.blogspot.com/2013/04/hidup-dengan-teknologi-hijau.html

    ReplyDelete
  43. Memang keren gagasan teknologi ramah lingkungan yang diterapkan Daihatsu ini, semoga semakin banyak pihak yang sadar untuk menyelamatkan bumi dari krisis energi...

    Best Regards,
    Nenden :D

    ReplyDelete
  44. Ulasannya lugas dan jelas gan….Keep Blogging & selamat berkompetisi ^_^

    Mampir di pondok ane ya, Trims :)

    http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html

    ReplyDelete
  45. wah rame juga pengunjungnya, salam kompetisi. kunjung baliknya ya. newbie nih.
    http://guratanmakna.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-daihatsu-harapan-masa.html

    ReplyDelete

 

Blogger news

Photobucket
Bloggers' Shout Out!

Blogroll

About